1


Mungkin saudara-saudara kita yang berada dipulau batam & sekitarnya mengalami kesulitan dalam memilih teknisi AC yang berpengalaman dibidangnya. Sebagai teknisi AC yang berpengalaman diharapkan mampu memberi pelayanan yang baik pula bagi para pelanggannya. Pelayanan yang baik sudah tentu diharapkan setiap pelanggan/pengguna jasa. Sebagai seorang tukang listrik batam saya juga memiliki beberapa pertemanan yang bergerak dibidang teknisi AC.

Salah satunya adalah Erwin: 0813 7243 0431

Pengalaman beliau dibidang teknisi AC jenis apapun tidak diragukan.  saat ini selain teknisi AC beliau juga menjual beberapa kebutuhan AC. Anda dapat melakukan kontak langsung kepada beliau untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.



Tips: Cara Menghitung Kebutuhan AC Sesuai Luas Ruangan Lihat Gambar dibawah ini:



Rumusnya: (L x W x H x I x E) / 60 = kebutuhan BTU
L = Panjang Ruang (dalam feet).
W = Lebar Ruang (dalam feet).
I = Nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain). Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).
H = Tinggi Ruang (dalam feet).
E = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara; nilai 17 jika menghadap timur; Nilai 18 jika menghadap selatan; dan nilai 20 jika menghadap barat.

1 Meter = 3,28 Feet

Kapasitas AC berdasarkan PK:
AC ½ PK = ± 5.000 BTU/h
AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
AC 2 PK = ±18.000 BTU/h

Contoh Perhitungan:

Ruang berukuran 5m x 5m atau (16 kaki x 16 kaki), tinggi ruangan 3m (10 kaki) berinsulasi (berhimpit dg ruangan lain), dinding panjang menghadap ke timur. Kebutuhan BTU = (16 x 16 x 10 x 10 x 17) / 60 = 7.253 BTU alias cukup dengan AC ¾ PK.

PK atau Paard Kracht (Daya Kuda) adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan BTU/hr. Sedangkan BTU atau British Thermal Unit per hour adalah penentu tingkat kesejukan udara yang dihasilkan. Untuk menghasilkan BTU yang besar memerlukan PK yang besar pula, Oleh karena itu tingkat dingin AC yang dihasilkan ditentukan berdasarkan PK-nya.




Untuk memberikan efek nyaman dan tentunya keindahan ruangan atau kantor perlu diperhatikan juga penempatan indoor dan outdoor:



Tips pemasangan Indoor AC


  1. Pemasangan Indoor AC membelakani Pintu masuk, dengan tujuan agar Udara dingin yang dihasilkan tidak cepat terbuang ketika pintu dibuka. 
  2. Hindari pemasangan Indoor diatas Peralatan Elektronik lain seperti Perangkat Komputer, TV, Telepon dan lainnya dengan tujuan untuk menghindari kesulitan dalam Maintenance dan menghindari pula kerusakan Barang-barang elektronik anda ketika ac anda mengalami bocor Air.
  3. Hindari Pemasangan AC diatas Tempat Tidur, dengan tujuan sama seperti No.2
  4. Hindarkan Pemasangan Indoor dengan Mulut Indoor menghadap pada kita, agar kita hanya mendapatkan efek dinginnya saja.
  5. Usahakan drainase tertata dengan baik, jika tempatnya ditengah-tengah ruangan maka siapkanlah jaringan instalasi listrik terlebih dahulu sehingga mempermudah dalam instalasi AC dan tidak merusak ruangan.
 Tips Pemasangan Outdoor AC
  1. Pasang Outdoor yang mempunyai Sirkulasi Udara cukup.
  2. Jika Posisi outdoor lebih tinggi dari Indoor maka usahakan menggunakan Trapping ( Pipa dilengkungkan lebih tinggi dari Outdoor) Agar Oli tidak terlalu banyak mengalir di pipa Refrigerant.
  3. Jangan Memasang outdoor dekat dengan Jendela karena akan menimbulkan dengung pada Jendela sehingga bersuara.
  4. Jangan memasang Outdoor yang sulit untuk dijangkau, karena akan menyulitkan kita untuk Perawatan.
  5. Jika Ruang yang bebas tidak ada, usahakan Outdoor terpasang pada ruang yang mempunyai space sekitar 1 meter dengan posisi : belakang outdoor 30 cm dan space depan outdoor 70 cm.


Catat Ulasan

 
Top